5 Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja dan Pentingnya Rasa Ingin Tahu

Google News
Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja dan Pentingnya Rasa Ingin Tahu
Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja dan Pentingnya Rasa Ingin Tahu

Jobnas.com – Tentu sangat penting bagi kalian yang sering merasa penasaran akan sesuatu. Keingintahuan ini bisa menjadi trending issue di Twitter atau sekedar berita dari teman kalian. Meski terdengar sepele, ternyata rasa ingin tahu juga dihargai dalam dunia kerja.

Rasa ingin tahu akan membuat kalian mencari informasi baru tentang sesuatu. Secara tidak langsung, itu akan membantu kalian menjadi lebih produktif dan kreatif. Pengaruh apa? Yuk simak penjelasan Glints!

Mengapa Rasa Ingin Tahu Itu Penting?

Mengutip di Harvard Business Review mengatakan rasa ingin tahu membuat kalian lebih mudah beradaptasi di tempat kerja. Dalam dunia kerja, rasa ingin tahu adalah sifat yang penting.

Saat rasa ingin tahu kalian terangsang, kalian akan berpikir lebih dalam dan rasional saat mengambil keputusan. Hasilnya, kalian dapat menghasilkan solusi yang lebih kreatif.

Keingintahuan juga menguntungkan bisnis. Ini karena mereka bisa mendapatkan banyak umpan balik yang berasal dari rasa ingin tahu karyawan.

Rasa ingin tahu juga memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan Komunikasi dengan Rekan Kerja

Keingintahuan juga memfasilitasi komunikasi dengan rekan kerja. Memang, kalian akan lebih terbuka kepada orang lain ketika tidak ada prasangka atau stereotip yang memengaruhi kalian. Keingintahuan juga akan meningkatkan soft skill seperti mendengarkan secara aktif. kalian juga akan lebih terbuka terhadap informasi baru yang diterima.

2. Menghindari Konflik dalam Kelompok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rasa ingin tahu melindungi kalian dari stereotip dan bias. Ini juga berlaku untuk diskusi dengan tim kalian.

Alih-alih berfokus pada masalah yang dihadapi, rasa ingin tahu membuat kalian dan tim fokus untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Diskusi bisa menjadi lebih terbuka karena kalian berpikir lebih objektif.

3. Mengurangi Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan

Saat rasa ingin tahu terusik, kalian menghindari stereotip dan stereotip yang mungkin memengaruhi keputusan. Keingintahuan kalian akan membantu membuat keputusan yang objektif. kalian bahkan dapat menemukan berbagai alternatif untuk keputusan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Rasa Ingin Tahu?

Ada 5 cara untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Diantaranya sebagai berikut:

1. Aktif Bertanya

Terkadang aktif bertanya sering diartikan negatif. Faktanya, mengajukan pertanyaan dapat membantu kalian melihat masalah dari perspektif yang berbeda. Pertanyaan, sekecil apa pun, dapat mengarahkan kalian ke sebuah diskusi. Berani bertanya, apalagi bila informasi yang diterima kurang dipahami.

2. Memiliki Pola Pikir Pemula

Seorang pemula memiliki sikap belajar yang menyenangkan. Miliki pola pikir seperti ini jika ingin memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Meminta pendapat, pandangan, dan pendekatan orang lain tentang hal-hal tertentu. Setiap orang dapat melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dari kalian. kalian dapat belajar menemukan solusi baru untuk masalah kalian dari sudut pandang mereka.

3. Baca Lebih Banyak dan Ikuti Minat Kalian

Kedengarannya klise, tetapi membacanya akan benar-benar membangkitkan rasa ingin tahu kalian.

Menurut Psychology Today, ada banyak ide baru yang bisa kalian kembangkan dari rasa ingin tahu itu. Ketika kalian mendapatkan informasi, kalian merasa penasaran dan mencari informasi lainnya. kalian dapat mengikuti rasa ingin tahu yang kalian rasakan.

4. Cobalah Sesuatu yang Baru

Mencoba hal-hal baru juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu. Kalian dapat melakukan ini dengan mencoba cara lain untuk bekerja, membaca buku dengan genre berbeda, atau bahkan mencoba hobi baru. Kegiatan baru ini akan membawa kalian ke perspektif baru. Ini akan membuat kalian lebih toleran terhadap stereotip dan stereotip.

5. Cobalah Mengobrol dengan Orang Lain

Rasa ingin tahu juga bisa dipicu oleh hasil diskusi dengan orang lain. Layaknya sebuah buku, pembahasannya akan memberikan kalian berbagai informasi. Diskusi akan membantu kalian menjadi lebih terbuka terhadap perspektif baru. Ini akan membantu kalian menjadi lebih objektif saat membuat keputusan.

Baca juga: Berikut 3 Keuntungan Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Ingin Kamu Pilih Dulu?

Inilah yang perlu kalian ketahui tentang rasa ingin tahu dan mengapa itu penting di tempat kerja. Selain rasa ingin tahu, ada banyak sifat lain yang sama pentingnya dalam bekerja.

kalian bisa mendapatkan berbagai informasi tentang topik seperti ini di Blog Jobnas. Setiap minggu, Jobnas menerbitkan artikel pilihan tentang dunia kerja. Jadi terus ikuti dan jangan sampai kelewatan!