5 Cara Mencari Ide Bisnis Untuk Pengusaha Muda

Jobnas.com – Mencari ide bisnis selepas kuliah, memang terkadang sedikit membingungkan, apalagi tidak semua anak muda ingin bekerja di perusahaan.

Sebagian orang memilih untuk berbisnis sendiri, entah membuka kedai kopi, menjual baju, mendirikan agensi kecil-kecilan, dan sebagainya.

Nah, apakah Anda termausk yang lebih ingin berbisnis sendiri? Jika iya, apa sih kesulitan yang dihadapi ketika memulai bisnis untuk kali pertama?

Ya, hambatan modal, lokasi usaha, hingga kendala operasional menjadi beberapa hambatan yang sering ditemui.

Namun, ada kendala lain yang tidak kalah menyulitkan para pengusaha muda saat hendak memulai usaha, yakni mencari ide bisnis.

Tenang, berikut ini ada 5 cara mudah mencari ide bisnis untuk Anda, seperti berikut ini.

Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Untuk Pengusaha Muda

1. Mulailah dengan hobi yang Anda sukai

Masih belum tahu harus memulai bisnis apa? Langkah paling sederhana dalam menemukan ide bisnis adalah mengidentifikasi hobi yang Anda sukai.

Tips yang pertama yang bisa Anda lakukan ketika hendak mencari ide bisnis Adalah dengan cara dimualai dari apa yang sedang menjadi hobi Anda.

Jika Anda suka menulis, tawarkan layanan Anda kepada klien yang membutuhkan artikel, iklan, skrip film, dan banyak lagi.

Begitu juga ketika Anda suka memasak? Cobalah membuka bisnis katering rumahan, dengan menawarkan resep masakan dapur Anda kepada tetangga, kolega, atau promosikan di jejaring sosial.

Apakah Anda senang mengatur sesuatu? Mengapa tidak menyediakan layanan acara perusahaan atau yang sejeni,

Sebab ide bisnis yang baik adalah yang dimulai dari hobi Anda, sehingga nantinya bisnis yang anda jalani akan terasa sangat ringan dan tentunya menjadi spirit tersendiri bagi Anda.

2. Belajar dari banyak sumber

Tips yang kedua dalam memulai bisnis bagi para pemuda, adalah dengan mempelajari berbagai macam usaha dari banyak sumber.

Mislanya hal-hal di sekitar Anda berpotensi menjadi sumber pembelajaran bagi bisnis Anda, seperti di YouTube, cari saja materi profesional dan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya, juga gratis.

Anda juga dapat menghadiri berbagai seminar bisnis yang diselenggarakan, bahkan, Anda dapat mengobrol langsung dengan pengusaha sukses lainnya.

Sebab pada dasarnya, seperti pepatah berkata, banyak jalan menuju Roma, yang berarti ada banyak jalan menuju kesuksesan bisnis.

Kuncinya adalah jangan pernah menyerah menjalankan bisnis Anda sendiri, meski itu berbentuk apa saja.

Saat ini, dalam menjalankan bisnis Anda di masa depan, Anda mungkin menemui kendala lain. Misalnya, modal ventura.

Jangan khawatir! Anda bisa mendapatkan pinjaman usaha dengan cepat dan mudah melalui platform P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi secara resmi oleh OJK.

3. Jangan malas untuk meneliti dan menganalisis tren

Penelitian dan analisis tren adalah salah satu hal dasar utama yang harus Anda lakukan ketika mencari ide bisnis.

Bagaimana cara meneliti dan menganalisis tren? Pertama, Anda bisa menyebarkan kuesioner ke target pasar Anda. Kemudian ubah hasil pengujian menjadi data yang dapat mendukung bisnis Anda di masa depan.

Selanjutnya, lihat perusahaan mana yang sedang berkembang saat ini. Bisnis kopi kecil Ruang kerja bersama perusahaan?

Jangan lupa untuk menganalisis potensi bisnis yang ingin Anda manfaatkan, sehingga penting menanyakan pada diri sendiri, apakah bisnis tersebut bisa bertahan lama, seberapa kompetitif, berapa  modal yang dibutuhkan, lokasi  yang tepat untuk bisnis, dll.

4. Hindari Tongkrongan yang Kurang Produktif

Tips yang tak kalah penting bagi Anda anak muda yang ingin sukses dalam berbisnis adalah mennghindari tongkrongan yang kurang produktif.

Sebab hal itu hanya akan membuat Anda menjadi pribadi yang bermalas-malasan, dan cendrung tidak berkembang.

Usahanakan cari teman nongrong yang semisi, karena hal itu akan menjadi motifasi tersendiri bagi Anda untuk semain berkembang.

5. Usaha dan Selalu Berdoa

Dalam mencari ide bisnis, kunci yang tak kalah pentng adalah berusaha keras, akan tatapi usaha tanpa doa akan terasa panas di kening, sehingga usaha dengan doa menjadi satu jalan yang akan membawa Anda pada jalan kesuksesan.

Agar Anda semakin mantap dalam mencari ide bisnis dan menjalaninya dengan baik, berikut kami berikan juga tips menjalani ide bisinis kreatif.

Baca Juga: 5 Tips Berkarir di Bidang Public Relation, Pahami dan Raih Keuntungan Sebanyak Mungkin

Memulai bisnis kreatif di Indonesia sebenarnya cukup mudah namun sulit, salah satu hal yang mudah adalah  kita bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Namun di sisi lain, kesulitannya adalah kami masih kekurangan informasi dan presentasi.

Oleh sebab itu beberapa tips di bawah ini yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

Tips Menjalani Ide Bisnis Kreatif

  • Usahakan bisnis yang kamu pilih punya dampak sosial
  • Memberdayakan SDM di lingkungan sekitar
  • Menjaga kualitas produk atau jasa
  • Mendengarkan keluhan dan saran dari pelanggan
  • Pasarkan melalui media sosial
  • Persiapkan modal dan detail pengeluaran

Itu dia beberapa tips dalam mencari ide bisnis dan juga tips mejalani binsis, selebihnya Anda bisa improfisasi secara mandiri sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart