Blu BCA Digital, Kenali Kekurangan dan Kelebihan, Fitur, Hingga Cara Daftar di Aplikasi Baru Bank BCA 2022

Jobnas.com – Berbicara soal Bank BCA, tentu masyarakat Indonesia sudah pasti mengenalnya, namun ini bukan tentang Bank BCA saja, melainkan tentang aplikasi baru milik BCA yang disebut dengan Blu BCA Digital.

Kali ini, kami akan mengulas seputar aplikasi Blu BCA Digital, mulai dari Cara Mendaftar, Fitur-fiturnya, hingga kekurangan & Kelebihan dari aplikasi baru ini. Penasaran dengan ulasan aplikasi tersebut? Berikut aritikelnya.

A. Apa itu Blu BCA Digital?

Sebagaimana informasi yang kami dapat dari laman bcadigital.com, bahwa sejak akhir 2019 lalu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia (Royal Bank) yang sebelumnya bernama PT Bank Digital BCA (BCA Digital).

BCA Digital akhirnya menjadi identitas baru yang berkomitmen untuk terus meracik ide baru dengan inovasi layanan dan produk perbankan yang akan memudahkan segala urusan perbankan Anda dengan sistem layanan online.

Blu sendiri adalah aplikasi bank digital yang digunakan untuk menabung, melakukan transaksi online, investasi, dan aktivitas keuangan lainnya. Sederhananya, Blu BCA Digital adalah aplikasi mobile banking baru yang dimiliki Bank BCA dengan menggabungkan antara aplikasi Blu dan BCA Digital.

Seperti aplikasi mobile banking pada umumnya, aplikasi blu juga bisa Anda gunakan untuk transaksi dalam waktu 24/7 jam mulai dari transfer antar bank, tarik tunai, hingga transaksi lainnya secara digital atau online.

Selain kemudahan transaksi secara online, aplikasi Blu BCA Digital juga menawarkan banyak bonus dan tanpa biaya admin bulanan sepeser pun, alias Gratis.

Selain itu, aplikasi ini juga terbebas dari biaya lainnya seperti transfer dan tarik tunai di ATM BCA, dan untuk 2 bulan pertama, Anda juga terbebas dari biaya transfer ke bank lain, dengan batas maksimal transaksi 20 kali per bulan.

Untuk saat ini, bisa dibilang bahwa aplikasi Blu BCA Digital adalah aplikasi bank online terbaik yang sangat direkomendasikan untuk Anda  sekalian. Karena selain kemudahan bertransaksi, aplikasi ini juga memiliki tawaran fitur-fitur menarik sebagaimana berikut ini:

B. Fitur-Fitur blu BCA Digital

Memang benar, hadirnya Blu BCA Digital ini adalah jawaban dari kondisi perkembangan arus digital saat ini, karenanya dalam penggunaannya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari tabungan, transaksi, monitor hingga ekstra blu.

1. Fitur Tabungan blu

Aplikasi blu BCA Digital, menyediakan fitur yang tidak hanya bisa menyimpan uang dalam rekening utama, melainkan bisa menambah jenis akun rekening lain sesuai kebutuhan.

Ada tiga macam jenis tabungan yang disediakan dalam aplikasi blu, meliputi, bluSaving, bluGether dan bluDeposit.

  • Blu Saving

Blu Saving adalah fitur tabungan khusus yang dibedakan dari rekening bluAccount. Jenis akun ini bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan tertentu seperti liburan, beli hp, laptop, atau ganti kendaraan.

Artinya, fitur tabungan ini bisa Anda jadikan tempat menyimpan dengan model simpanan continue atau setiap hari dengan jumlah tidak terbatas, sama seperti Anda menabung di celengan.

  • BluGether

Berikutnya disebut tabungan BluGether karena jenis tabungan ini merupakan rekening bersama yang bisa digunakan untuk kepentingan kelompok, seperti organisasi ekstra kampus, perkumpulan ibu-ibu arisan, bendahara dan aktivitas lainnya.

Untuk mengakses tabungan ini, sedikitnya ada 24 member yang bergabung, dan setiap member bisa mengakses secara mandiri mulai dari melihat saldo, dan mutasi transaksi, Jadi semua transaksi mengedepankan sistem transparan bagi semua member yang tegabung.

  • BluDeposito

Selanjutnya adalah BluDeposito yang merupakan jenis rekening deposito berjangka yang memberikan suku bunga tinggi, sehingga cocok untuk investasi.

Nominal deposito yang ditawarkan juga ringan, mulai dari Rp 1 juta dengan tenor mulai dari 1 s/d 12 bulan, menariknya dari fitur ini adalah Anda bisa tarik tunai saldo kapan saja, meski sebelum jatuh tempo, dengan konsekuensi tidak dapat bunga.

2. Fitur Transaksi blu

Selain fitur tabungan, aplikasi blu BCA Digital juga menyediakan kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari bayar tagihan, tarik tunai, dan seterusnya, sebagaimana berikut ini.

  • Bayar & beli

Aplikasi Blu BCA Digital juga menyediakan fitur Bayar & beli untuk kebutuhan bayar tagihan dengan lebih mudah. Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup set waktu bayarannya sesuai tanggal jatuh tempo, sehingga dengan sendirinya akan muncul notifikasi untuk mengingatkan tagihan Anda. Jadi Anda tidak usah takut lagi akan telat bayar tagihan.

  • QRIS

QRIS adalah sistem pembayaran baru, jadi Anda bisa bayar transaksi apa pun hanya dengan scan kode, maka otomatis akan muncul tagihan dan bisa langsung Anda bayarkan. Ini adalah kelebihan blu dibanding Bank Jago yang belum memiliki QRIS.

  • Tarik Tunai

Fitur transaksi berikutnya dari Blu BCA Digital adalah Fitur Tarik Tunai. Meski untuk saat ini aplikasi Blu BCA Digital tidak memiliki ATM khusus, namun Anda tetap bisa tarik tunai melalui ATM BCA dengan tanpa kartu ATM (ATM Card) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penarikan bisa dilakukan secara mudah dengan batas maksimal Rp 7 juta tanpa biaya apapun, atau GRATIS.

  • e-money

Selanjutnya adalah fitur e-money yang berfungsi sebagai alat top up segala kebutuhan Anda secara mudah.

Untuk 2 bulan pertama, Anda bisa lakukan top up tanpa biaya admin sepeser pun, sedangkan untuk bulan ke 3 dan seterusnya, adan akan tetap bisa top up secara gratis dengan minimal saldo rata-rata per bulan di atas Rp 1 juta.

3. Fitur Monitor blu

Dengan fitur monitor blu ini, Anda dengan sangat mudah melihat semua transaksi yang pernah Anda lakukan, bahkan Aplikasi blu menyediakan laporan keuangan yang bisa diunduh dengan mudah dan bisa untuk kebutuhan SPT Anda.

Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk memfilter beberapa jenis transaksi saja yang bisa Anda lihat, seperti bayar tagihan, beli pulsa dan juga transfer.

C. Cara Daftar Blu BCA Digital Beserta Syarat-syaratnya

Salah satu keunggulan bank digital ini adalah proses pendaftarannya sangat mudah, dan cepat  serta tidak banyak syarat yang dibutuhkan. Hanya cukup dengan KTP dan NPWP (opsional) saja Anda sudah bisa mendaftar di aplikasi Blu BCA Digital.

Adapun cara daftar atau buka rekening di blu BCA Digital, sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Blu yang sudah Anda Download di Play Store atau App Store, lalu Install
  • Kemudian masukkan nomor telepon aktif
  • Unggah foto identitas (KTP)
  • Isi formulir data diri dengan benar
  • Lakukan foto selfie lewat aplikasi blu
  • Hubungkan dengan akun BCA jika ada, jika tidak bisa di “skip”
  • Jika punya akun rekening BCA, silakan lakukan verifikasi yaitu dengan memasukkan nomor rekening dan nomor telepon yang terdaftar
  • Melengkapi formulir alamat sesuai eKTP
  • Mengisi detail pekerjaan
  • Menyetujui perjanjian
  • Langkah terakhir, Anda akan dihubungi oleh Customer Service BCA Digital, melalui panggilan video (video call) untuk memastikan identitas dokumen Anda sudah sesuai atau tidak
  • Kemudian Anda tinggal menunggu persetujuan pembukaan rekening kurang lebih dalam 60 menit ke depan.

D. Kelebihan dan Kekurangan Blu BCA Digital

1. Kelebihan blu BCA Digital

  • Proses pembukaan rekening sangat cepat dengan syarat hanya eKTP
  • Fitur lengkap untuk simpan tabungan khusus, tabungan bersama dan deposito.
  • Gratis biaya admin bulanan dan gratis biaya lain selama 2 bulan pertama
  • Gratis biaya transfer antar rekening BCA tanpa batas
  • Gratis biaya transfer antar bank sebanyak 20 kali transaksi
  • Gratis top up Gopay dan OVO sebanyak 5 kali transaksi
  • Tidak ada minimal saldo setoran awal
  • Semua saldo bisa ditarik hingga Rp 0 rupiah
  • Tidak ada penalti kekurangan saldo
  • Bisa mendapat bonus Rp 250 rb dari program bluReferral atau ajak teman dengan menggunakan kode Anda
  • Banyak promo menarik seperti potongan belanja di merchant tertentu, bisa dicek di halaman promo

2. Kekurangan blu BCA Digital

  • Belum mendukung pembayaran luar negeri, karena tidak tersedia akun virtual credit card seperti Visa atau Mastercard
  • Belum terdapat rekening valas untuk simpan uang dalam mata uang asing
  • Belum tersedia kartu debit, sehingga belum bisa ambil uang dari ATM rekanan
  • Meski sudah dapat atur notifikasi pembayaran tagihan, namun Pembayaran belum bisa secara otomatis.

Begitulah ulasan seputar aplikasi Blu BCA Digital milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini. Hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi maupun layanan yang ditawarkan di dalam Blu BCA digital, sebaiknya Anda menghubungi pihak CS melalui sambungan telpon: 1500668 atau melalui email [email protected] dan juga busa lewat Twitter @haloblu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pluang Vs Ajaib, Review Platform Investasi Indonesia 2022

Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart