Best Prospek Kerja Lulusan Ekonomi, Cek 9 Daftarnya Berikut Ini!

Jobnas.com – Bagi Anda lulusan ekonomi, tentu sudah paham apa saja prospek kerja yang paling cocok untuk Anda, namun demikian, tidak semua paham akan hal tersebut.

Karena itu, berikut akan kamu ulas seputar prospek kerja lulusan ekomnomi yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Secara umum, ilmu ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat menggunakan, mengelola, dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

Secara bahasa, kata ekonomi diambil dari istilah Yunani “oikonomia” yang berarti cara mengatur urusan rumah tangga dan administrasi.

Sementara dalam kategorinya, ekonomi dibagi menjadi dua divisi besar; Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro.

Ekonomi mikro berfokus pada pasar individu dan struktur serta pemain utama mereka, sementara ekonomi makro berurusan dengan ekonomi dalam skala nasional dan internasional.

Keahlian yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ekonomi

Hampir semua  pekerjaan membutuhkan lulusan ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

Hal ini membuktikan bawhwa jurusan ekonomi mengajarkan keterampilan utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Beberapa di antaranya adalah:

1. Keterampilan analisis dan evaluasi

Bagi Anda para lulusan Ekonomi, tentu kemampuan analisis Anda akan terus diasah. Anda akan belajar bagaimana mengubah statistik dan grafik menjadi informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, membuat keputusan, atau memprediksi kondisi pasar di masa depan.

Kekuatan analitis dan evaluatif ini sangat berharga di pasar kerja. Dengan keterampilan ini, Anda bisa mendapatkan pekerjaan di mana saja.

2. Keterampilan menghitung

Dalam ilmu ekonomi, Anda tidak dapat menghindari yang namanya angka, grafik, laporan dan data statistik akan menjadi makanan harian.

Anda harus menghitung, mengingat angka dengan cepat dan memahami apa yang dikatakan angka tentang apa yang terjadi, apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah, atau mencegah kerugian yang mungkin bisa terjadi di masa depan.

3. Kesadaran budaya

Saat ini, lulusan ekonomi sangat dibutuhkan untuk mengelola budaya bisnis yang semakin meningkat, bahkan usaha kecil pun dapat melakukan bisnis dengan luar negeri.

Oleh karena itu, kemampuan untuk beradaptasi dan menampilkan diri dalam budaya lain sangat penting.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, Anda akan mempelajari ilmu dan memahami bagaimana perbedaan budaya mempengaruhi bidang sosial, politik dan ekonomi.

4. Keterampilan komunikasi

Angka dan bagan hanya memiliki arti nominal jika tidak dapat diubah menjadi informasi yang dapat dimengerti.

Saat memberikan presentasi, tantangan yang dihadapi oleh  lulusan ekonomi adalah menyampaikan laporan, presentasi atau proposal yang dapat dipahami oleh semua pihak, meskipun klien mereka  tidak memahami istilah teknis bahasa ekonomi.

5. Keterampilan menyelesaikan masalah

Mahasiswa jurusan ekonomi akan dilatih untuk berpikir kritis. Mereka akan belajar dari banyak studi kasus, menilai masalah yang ada, dan mencari solusi yang tepat.

Baca Juga: 20 Prospect Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Anda Tertarik Pada bagian Mana?

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ekonomi

Ilmu Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaanperusahaan untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang lebih mendalam.

Secara umum, lulusan jurusan ekonomi dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor publik, ilmu aktuaria, dan analisis data, dan banyak industri lainnya.

Seperti apa prospek kerja lulusan ekonomi? Berikut beberapa contohnya:

1. Konsultan Ekonomi

Konsultan ekonomi menggunakan penelitian dan keahlian analitisnya untuk menganalisis keadaan ekonomi saat ini, isu-isu dan tren industri yang akan mempengaruhi perkembangan produksi dan bisnis, serta investasi pelanggan.

Untuk memberikan laporan yang akurat, penasihat ekonomi memerlukan berbagai informasi, baik itu undang-undang, peraturan pemerintah, peristiwa terkini yang dapat mempengaruhi kegiatan investasi individu, atau pelanggan.

2. Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen menganalisa masalah-masalah bisnis dan solusinya, dan bagi lulusan ekonomi biasanya memulai karir mereka di posisi analis riset, asisten riset, atau konsultan junior.

Dalam hal ini, mereka membantu pekerjaan staf dengan berbagai kerja baik untuk yang lebih senior.

3. Manajer Kompensasi dan Tunjangan

Manajer Kompensasi dan Tunjangan mengelola sistem kompensasi dan tunjangan bagi karyawan  perusahaan. Mereka sering bekerja sama dengan departemen sumber daya manusia.

Manajer Kompensasi dan Tunjangan akan meneliti tren terbaru dalam permintaan dan ketersediaan tenaga kerja, untuk menentukan gaji yang harus dibayar untuk setiap posisi.

4. Aktuaris

Berikutnya lulusan ekonomi juga memiliki prospek kerja sebagai Aktuaris dengan menggunakan keterampilan matematika dan statistik mereka untuk menentukan nilai properti yang dapat diasuransikan, baik karena kebakaran, penyakit, kematian, atau kebangkrutan.

Nantinya akan dihadapkan pada angka dan rumus untuk menghitung nilai sifat tersebut. Di tempat kerja, mereka didukung oleh perangkat lunak komputer sehingga mereka dapat membuat bagan dan mempresentasikan hasilnya kepada tim manajemen.

5. Analis Kredit

Prospek kerja lulusan ekonomi yang selanjutnya adalah sebagai Analis kredit yang nantinya akan menilai risiko pinjaman, apakah itu untuk individu atau bisnis.

Mereka akan mengevaluasi berdasarkan tren ekonomi terbaru dan banyak faktor lain seperti keadaan industri, pesaing, dll.

Kemudian hasilnya akan menentukan jumlah pinjaman dan tingkat bunga yang dapat diberikan kepada pelanggan.

6. Analis Keuangan

Lulusan ekonomi juga bisa menjadi Analis keuangan yang mempelajari perusahaan, industri, saham, aset, dan investasi.

Mereka kemudian mengeluarkan laporan ke departemen keuangan perusahaan, bank, biro kredit dan investor swasta.

Keputusan mereka sangat menentukan lintasan investasi, nilai saham yang ditawarkan, dan harga M&A perusahaan.

7. Analis Riset Pasar

Analis riset pasar menganalisis nilai  suatu produk atau layanan sebelum dipasarkan. Dalam pekerjaan mereka mengumpulkan dan menganalisis data, analis riset pasar sering menggunakan perangkat lunak.

Dikombinasikan dengan keterampilan statistik dan penulisan laporan, mereka kemudian akan membuat laporan dan bagan untuk dijelaskan kepada klien.

8. Karier ekonomi di bidang perbankan

Prospek kerja lulusan ekonomi di perbankan tentu sudah tidak asing lagi. Karir perbankan sangat populer di kalangan lulusan ekonomi karena menawarkan potensi penghasilan yang tinggi dan sangat membutuhkan seorang profesional ekonom.

Lulusan dengan latar belakang ekonomi sangat dihormati di industri perbankan dengan peran yang terkait dengan kontrol keuangan, perencanaan keuangan, analisis risiko, analisis data, dan banyak lagi.

Lulusan ekonomi dan perbankan yang berfokus pada menjaga kebutuhan keuangan klien dan bisnis tetap pada jalurnya.

Dengan demikian, karir perbankan terutama tentang memberikan nasihat perbankan dan layanan lainnya kepada klien perbankan dan konsumen.

9. Karier ekonomi di bidang akuntansi

Akuntan yang berkualifikasi memerlukan kualifikasi tambahan seperti sertifikasi akuntansi dan sertifikasi terkait akuntansi lainnya.

Di sisi lain, bagi lulusan ekonomi juga banyak peran di bidang akuntansi.

Lulusan Ekonomi dapat bekerja di berbagai industri sebagai akuntan. Tujuan pekerjaannya melibatkan pelacakan posisi keuangan suatu organisasi, perusahaan atau individu.

Karir lulusan ekonomi di bidang akuntansi biasanya fokus pada pencatatan, pengklasifikasian, interpretasi, dan pelaporan data keuangan.

Lulusan Ekonomi dapat menjadi staf di posisi akuntansi jika mereka memiliki keterampilan analitis yang kuat, keterampilan matematika, melek komputer, pemahaman tentang semua faktor keuangan bisnis dan kemampuan untuk mengontekstualisasikan data yang dikumpulkan.

Seringkali, lulusan ekonomi memiliki keahlian dalam memahami kumpulan data yang kompleks dan mengidentifikasi akar penyebab masalah keuangan.

Jika Anda memiliki keterampilan ini, kemungkinan Anda adalah kandidat yang baik untuk posisi akuntan.

#Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Syariah #Kuliah Jurusan Ekonomi Jadi Apa #Jurusan Ekonomi Bisnis #Kuliah Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Kerja Apa #Jurusan Ekonomi Akuntansi #Jurusan Ekonomi Syariah Kerjanya Apa #Jurusan Ekonomi Syariah Kerja Apa #Jurusan Ekonomi Pembangunan Kerja Apa #Jurusan Ekonomi Dan Bisnis #Lowongan Kerja Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Pembangunan Adalah #Apa Itu Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Adalah #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Bisnis Kerja Apa #Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan #Mata Pelajaran Kuliah Jurusan Ekonomi #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi #Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Apa Saja #Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah #Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Manajemen #Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Bisnis #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah #Pekerjaan Jurusan Ekonomi #Apa Itu Jurusan Ekonomi Syariah #Universitas Yang Ada Jurusan Ekonomi Pembangunan #Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan #Kuliah Jurusan Ekonomi Bisnis #Lowongan Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Belajar Apa #Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik Di Indonesia #Smk Jurusan Ekonomi #Mata Kuliah Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Terbaik Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Bisa Kerja Apa #Biaya Kuliah Jurusan Ekonomi #Alasan Memilih Jurusan Ekonomi #Macam Macam Jurusan Ekonomi #Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan #Universitas Yang Ada Jurusan Ekonomi Syariah #Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan #Tempat Magang Jurusan Ekonomi Syariah #Universitas Jurusan Ekonomi #Lulusan Ekonomi #Apakah Jurusan Ekonomi Pembangunan Itu Sulit #Syarat Masuk Jurusan Ekonomi #Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Ui #Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Pembangunan Bisa Kerja Dimana #Jurusan Ekonomi Keuangan Dan Perbankan #Pekerjaan Untuk Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Di Usu #Contoh Soal Tes Masuk Universitas Jurusan Ekonomi #Apa Itu Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Internasional #Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Di Ugm #Konsentrasi Jurusan Ekonomi Pembangunan #Kuliah Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Manajemen Adalah #Tempat Magang Jurusan Ekonomi Pembangunan #Prospek Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Yang Menjanjikan #Prospek Jurusan Ekonomi Pembangunan #Apa Itu Jurusan Ekonomi Manajemen #Universitas Dengan Jurusan Ekonomi Terbaik #Contoh Soal Tes Masuk Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah #Peluang Kerja Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Perbankan #Lulusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Pembangunan Terbaik #Jurusan Ekonomi Bisnis Adalah #Universitas Dengan Jurusan Ekonomi Terbaik Di Dunia #Jurusan Ekonomi Bisnis Terbaik Di Indonesia #Prospek Jurusan Ekonomi Syariah #Universitas Jurusan Ekonomi Terbaik Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Terbaik Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Ipb #Jurusan Ekonomi Yang Banyak Peluang Kerja #Jurusan Ekonomi Terbaik Di Dunia #Jurusan Ekonomi Syariah Ipb #Jurusan Ekonomi Pembangunan Dalam Bahasa Inggris #Jurusan Ekonomi Digital #Jurusan Ekonomi Syariah Di Luar Negeri #Jurusan Ekonomi Manajemen Unsyiah #Tentang Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Pembangunan Unhas #Jurusan Ekonomi Pembangunan Undip #Jurusan Ekonomi Di Ipb #Lulusan Ekonomi #Skripsi Jurusan Ekonomi #Pengertian Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Keuangan #Lowongan Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Syariah Uin Bandung #Kampus Di Bandung Jurusan Ekonomi #Materi Jurusan Ekonomi #Contoh Soal Tes Masuk Kuliah Jurusan Ekonomi #Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar Bagi Mahasiswa Jurusan Ekonomi #Universitas Jurusan Ekonomi Pembangunan #Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Manajemen #Kuliah Jurusan Ekonomi Akuntansi #Unindra Jurusan Ekonomi #Universitas Dengan Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik Di Dunia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Unpad #Cpns Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Dan Studi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Unesa #Kuliah Jurusan Ekonomi Kerja Apa #Contoh Judul Skripsi Jurusan Ekonomi #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen #Contoh Proposal Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan #Tempat Magang Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Syariah Uin Jakarta #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Bisnis #Tempat Kuliah Di Bandung Jurusan Ekonomi #Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Manajemen Mempelajari #Jurusan Ekonomi Islam Unair #Kuliah Ambil Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Syariah Di Bandung #Kerja Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Bisnis Ugm #Jurusan Ekonomi Kuliah #Lulusan Ekonomi #Manfaat Kuliah Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Islam Ui #Biaya Kuliah Di Unindra Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik #Jurusan Ekonomi Syariah Mempelajari Tentang Apa #Universitas Terbaik Di Jepang Jurusan Ekonomi #Contoh Program Kerja Kkn Jurusan Ekonomi #Materi Pengantar Bisnis Semester 1 Jurusan Ekonomi #Kuliah Jurusan Ekonomi Kerjanya Jadi Apa #Contoh Proposal Jurusan Ekonomi Pembangunan #Universitas Di Malaysia Jurusan Ekonomi Islam #Jurusan Ekonomi Manajemen Bisa Kerja Dimana #Kuliah Jurusan Ekonomi Dan Bisnis #Tentang Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Di Ui #Prospek kerja Lulusan Ekonomi #Universitas Terbaik Di Australia Jurusan Ekonomi #Judul Skripsi Jurusan Ekonomi #Universitas Islam Indonesia Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Syariah Di Uin Suska Riau #Jurusan Ekonomi Di Upi #Akreditasi Jurusan Ekonomi Islam Unsyiah #Universitas Di Inggris Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Di Jerman #Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Islam Di Untirta #Jurusan Ekonomi Pembangunan Cpns #Jurusan Ekonomi Syariah Uin Suska Riau #Kampus Jurusan Ekonomi Terbaik Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Mempelajari Tentang #Universitas Terbaik Di Turki Jurusan Ekonomi #Judul Skripsi Jurusan Ekonomi Manajemen #Jurusan Ekonomi Islam Terbaik Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Indonesia #Jurusan Ekonomi Syariah Bisa Jadi Apa #Jurusan Ekonomi Islam Terbaik Di Dunia #Jurusan Ekonomi Pembangunan Ada Di Universitas Mana Saja #Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ekonomi Syariah #Manfaat Belajar Bahasa Arab Di Jurusan Ekonomi Syariah #Judul Laporan Kkn Individu Jurusan Ekonomi #Judul Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Islam Di Unpad #Contoh Laporan Kkn Individu Jurusan Ekonomi #Kampus Jurusan Ekonomi Bisnis #Tempat Magang Untuk Jurusan Ekonomi Pembangunan #Tempat Pkl Jurusan Ekonomi Pembangunan #Jurusan Ekonomi Syariah Uin Mataram #Jurusan Ekonomi Islam Terbaik #Kuliah Jurusan Ekonomi Berapa Tahun #Jurusan Ekonomi Pembangunan Saintek Atau Soshum #Jurusan Ekonomi Syariah Akreditasi A #Jurusan Ekonomi Syariah Di Turki #Jurusan Ekonomi Syariah Iain Pekalongan #Artikel Tentang Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Syariah Unpad #Jurusan Ekonomi Dan Studi Pembangunan Di Um #Soal Tes Cpns Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Unj #Contoh Judul Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah #Review Jurusan Ekonomi Syariah #Cpns Untuk Jurusan Ekonomi Syariah #Kenapa Memilih Jurusan Ekonomi Islam #Materi Pelajaran Jurusan Ekonomi Pembangunan #Pilih Jurusan Ekonomi Atau Manajemen #Jurusan Ekonomi Syariah Magang Dimana #Jurusan Ekonomi Syariah Adalah #Jurusan Ekonomi Islam #Jurusan Ekonomi Islam Di Ugm #Jurusan Ekonomi Di Unm #Jurusan Ekonomi Di Undip #Jurusan Ekonomi Pembangunan Unsoed #Jurusan Ekonomi Pembangunan Uns #Jurusan Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan Ipb #Jurusan Ekonomi Di Jepang #Akreditasi Jurusan Ekonomi Syariah Ipb #Jurusan Ekonomi Syariah Iain Purwokerto #Jurusan Ekonomi Islam Di Malaysia #Jurusan Ekonomi Akuntansi Adalah #Jurusan Ekonomi Syariah Unsil #Jurusan Ekonomi Islam Di Cpns 2019 #Jurusan Ekonomi Pembangunan Unej #Jurusan Ekonomi Terbaik Di Australia #Tes Masuk Kuliah Jurusan Ekonomi Manajemen #Apa Yang Dipelajari Jurusan Ekonomi Syariah #Jurusan Ekonomi Islam Undip #Perbedaan Jurusan Ekonomi Syariah Dan Perbankan Syariah #Universitas Di Jepang Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Pembangunan Unsri #Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Unp #Tempat Magang Untuk Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Di Uns #Contoh Skripsi Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Islam Di Uin Suska Riau #Konsentrasi Jurusan Ekonomi Islam #Kuliah Jurusan Ekonomi Di Bandung #Jurusan Ekonomi Syariah Di Malaysia #Jurusan Ekonomi Syariah Bisa Kerja Dimana #Jurusan Ekonomi Islam Uii #Jurusan Ekonomi Di Unnes #Karir Jurusan Ekonomi Syariah #Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Ekonomi Dan Bisnis #Contoh Karya Ilmiah Jurusan Ekonomi Manajemen #Kampus Terbaik Di Indonesia Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Syariah Di Iain Cirebon #Jurusan Ekonomi Syariah Di Uin Bandung #Tips Kuliah Jurusan Ekonomi #Soal Tes Masuk Kuliah Jurusan Ekonomi Syariah #Tempat Pkl Jurusan Ekonomi #Universitas Terbaik Di Dunia Jurusan Ekonomi #Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam #Jurusan Ekonomi Yang Tidak Ada Matematika #Universitas Swasta Jurusan Ekonomi Syariah #Universitas Terbaik Di Indonesia Jurusan Ekonomi #Kuliah Jurusan Ekonomi Islam #Kuliah Jurusan Ekonomi Di Jakarta #Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis #Jurusan Ekonomi Syariah Belajar Apa #Jurusan Ekonomi Di Unhas #Jenis Jurusan Ekonomi #Perbedaan Jurusan Ekonomi Dan Ekonomi Syariah #Kuliah Jurusan Ekonomi Matematika
Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart