Apakah PayLater Sama Seperti Kartu Kredit?

Google News
Apakah PayLater Sama Seperti Kartu Kredit
Apakah PayLater Sama Seperti Kartu Kredit

Jobnas.com – Perlu diperhatikan meskipun bisa membuat transaksi menjadi lebih nyaman, kalian tidak boleh sembarangan menggunakannya. Jika salah, kalian mungkin terlilit hutang.

Memang, jika digunakan dengan baik, layanan ini dapat mempermudah pengelolaan keuangan kalian. Bahkan jika kalian hendak atau tertarik mau jual beli online PayLater menjadi solusi dan lebih mudah penerapannya.

Kalian ingin tahu seberapa lengkap informasi tentang PayLater? Simak artikel di bawah ini!

Apa itu PayLater?

PayLater adalah fitur dalam aplikasi. Aplikasinya sendiri biasanya dimiliki oleh banyak startup Indonesia dan berfungsi seperti kartu kredit. Kalian akan dipinjamkan uang untuk membeli barang atau jasa. Di kemudian hari kalian tentu saja harus menggantinya.

Dan ternyata fitur ini bukan baru-baru ini dirilis. Dengan meluncurkan KrASIA, layanan fintech ini menguntungkan semua orang. Salah satunya adalah Sara Mandagie. Sara bertanggung jawab atas hubungan masyarakat. Pekerjaan ini membutuhkan perjalanan yang sering.

Dengan PayLater, Sara dapat melacak pembelian tiket dengan mudah. Tak heran, dalam layanan ini rangkaian transaksi justru ditulis secara detail. Tentunya fitur ini juga membantu para pengusaha. Salah satunya adalah Aisha Agustina.

Aïsha memiliki katering. Dia sering memiliki pengeluaran yang tidak terduga. Dengan alasan tidak menginginkan kartu kredit, Aisha memilih PayLater untuk biaya tersebut. Ada juga orang yang menggunakan fitur ini untuk berbelanja atau melakukan pembelian sebelum mendapatkan pembayaran.

Sesuai dengan apa yang dituliskan oleh South China Morning Post. Selain itu, ternyata bisa dijadikan sebagai solusi belanja online yang lebih lengkap. Sejatinya, hanya 33,6% penduduk Indonesia yang memiliki rekening Bank. Namun, layaknya kartu kredit, fitur ini harus digunakan dengan bijak.

Bayar Nanti vs Kartu Kredit

Berbicara tentang kartu kredit dan Bayar nanti, di sini ada perbedaan antara yang satu dengan lainnya termasuk layanan beserta kartunya.

Pertama, PayLater adalah layanan yang sepenuhnya digital. Ini berbeda dengan kartu kredit yang seperti namanya membutuhkan kartu. Juga, jika kalian tertarik untuk menggunakannya, ada perbedaan dalam cara penerapannya.

Jika kalian menginginkan kartu kredit, kalian harus pergi ke bank. Sedangkan PayLater bisa dilakukan secara online. Limit biaya transaksi untuk fitur keuangan digital ini juga biasanya lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit. Biasanya, jumlahnya hanya mencapai jutaan rupiah.

Kedua, kartu kredit bisa digunakan di mana saja. Mulai dari transaksi online hingga transaksi offline semua bisa. Sedangkan PayLater hanya bisa digunakan di aplikasi tertentu saja. Maka jika kalian ingin bertransaksi atau melakukan kredit dengan ofline maka solisinya bisa kalian lakukan dengn kartu kredit.

Cara yang Bijak dalam Mengguanakannya

Saya melansir dari Kompas. Menurut Ghita Argasasmita, salah satu penasihat keuangan di Integrita. Meski sangat menguntungkan, fitur ini tidak boleh digunakan sembarangan. Karena jelas hal itu bisa memicu kebiasaan berutang.

Jadi meskipun kalian mampu membayar tagihan, sebaiknya hindari layanan ini jika hanya untuk kegiatan konsumsi. Hindari menggunakannya untuk berbelanja. Arahkan dia ke aktivitas yang lebih produktif, seperti membuka usaha atau melakukan perjalanan bisnis.

Kalian juga bisa menggunakan PayLater sebagai dana darurat. Misalnya, ketika Anda tiba-tiba harus keluar kota karena orang tua Anda sakit. Kalian juga bisa mempertimbangkan pertimbangan sebelum mendapatkan kartu kredit. Karena cara kerjanya sangat mirip.

Sesuai dengan apa yang dilaporkan oleh CNBC. Perencana keuangan Freddy Pioleer memiliki daftar hal-hal yang harus kalian pikirkan terlebih dahulu.

Menurut Perencana keuangan Freddy Pioleer, menggunakan kartu kredit sebenarnya tidak masalah. Namun, Anda perlu membuat pertimbangan yang berbeda. Pertimbangan tersebut meliputi:

  • Pikirkan tentang keuntungan berdagang
  • Ingat kebutuhan Anda, jangan hanya menginginkannya
  • Memahami kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit

Memang, PayLater merupakan fitur yang menjanjikan segudang kemudahan. Namun, pikirkan dua kali sebelum menggunakan layanan ini. Jangan sampai niat kalian untuk memudahkan transaksi keuangan malah membuat kalian terlilit utang.

Dan tetap ingatlah setiap penjelasan yang diberikan oleh Jobnas.com di atas. Selain PayLater, masih banyak istilah keuangan yang perlu kalian pelajari. Ketika kalian memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi, kalian akan lebih mudah dan akan lebih aman dalam meraih uang.

Jadi gimana tanggapan kalian setelah membaca artikel ini? Di blog Jobansa masih banyak algi perihal informasi penting yang masih berkaitan dengan informasi di atas.

Baca juga: Pahami Toxic Success: Sikap Memperoleh Kerugian pada Diri Sendiri dan Tim Kerja

Jika kalian sering mengikuti Jobnas kalian akan menemukan berbagai informasi tentang karir dan pekerjaan. Kalian bisa mendaftarkan email kalian sekarang, selagi gratis!