Jangan Menyerah! Yuk, Cari tahu Alasan dan Solusi Kenapa Tawaran kerja bisa Dibatalkan

Google News
Alasan dan Solusi Kenapa Tawaran kerja bisa Dibatalkan
Alasan dan Solusi Kenapa Tawaran kerja bisa Dibatalkan

Jobnas.com – Jangan menyerah lebih awal. Pembatalkan tawaran kerja itu tidak selalu ada kaitannya dengan apa yang kalian lakukan, jangan pernah merasa bersalah semua pasti ada alasan dan solusi di balik semuanya.

Siapa saja pasti akan senang apabila mendapatkan pekerjaan baru. Setelah itu, tiba-tiba tawaran pekerjaan dibatalkan secara sepihak. Jika demikian, pasti kalian akan merasa bingung dan tidak tahu apa yang selanjutnya kalian harus kerjakan?

Tenang saja, Jobans telah menyiapkan penjelasan tentang kemungkinan alasan dan dan solusinya. bagaimana cara menghadapi hal tersebut. Yuk, baca artikel ini sampai tuntas!

Alasan Tawaran Pekerjaan Dibatalkan

Setidajnya jika ada tawaran pekerjaan lalu tiba-tiba dibatalkan oleh perusahaan. Setidaknya ada dua kemungkinan. Pertama, kondisi internal perusahaan, atau mungkin sesuatu yang dilakukan para calon pekerja.

Berikut di bawah ini mengenai penjelasan lebih lengkapnya:

1. Alasan Perusahaan

Bisa jadi posisi yang ditawarkan sudah diisi orang lain, kebutuhan perusahaan tiba-tiba berubah, atau situasi keuangan melemah. Akibatnya, undangan yang sudah terkirim akan ditarik secara otomatis.

Jika itu alasannya, kalian tidak perlu berkecil hati. Karena membatalkan tawaran pekerjaan ini bukan salah kalaian sendiri.

Sebab, alasan paling general yang dialami banyak perusahaan adalah adanya masalah internal.

2. Alasan Calon

Tanpa disadari terkadang seringkali kita melakukan kesalahan yang tampaknya tidak berbahaya tetapi secara implisit bisa “mematikan”.

Faktor Tawaran Kerja Dibatalkan

Kemudian apa saja yang menjadi faktor atau pemicu terjadinya penawaran kerja bisa dibatalkan? Di bawah ini adalah rinciannya:

1. Tidak Antusias Menandatangani Offering Latter

Tindakan semacam ini hanya akan menunjukkan bahwa kalian tidak tertarik dengan posisi tersebut dan memiliki keterampilan komunikasi yang buruk. Jika ada masalah lain yang menghalangi kalian untuk menandatangani penawaran, setidaknya hubungi manajer perekrutan dan beri tahu mereka sebelumnya.

Dengan melakukan penundaan terhadap penandatanganan kalian dianggap mengharapkan penawaran yang lebih baik dari perusahaan lain oleh perusahaan yang kalian datangi.

2. Pemeriksaan Latar Belakang Gagal

Tawaran pekerjaan dapat dibatalkan jika ada temuan tertentu mengenai kandidat tersebut. contohnya, selama pemeriksaan latar belakang, kandidat ditemukan berbohong dalam wawancara dan resume tentang keahlian atau pengalaman mereka, dan juga memiliki reputasi buruk di perusahaan sebelumnya.

3. Cobalah Bernegosiasi Saat Penawaran Dibuat

Mencoba menegosiasi perihal gaji sangat baik dilakukan seorang pelamar. Akan tetapi pelaksanaan negosiasi gaji tersebut bisa dimulai setelah menandatangani surat penawaran, sambil memberi nama perusahaan lain dengan penawaran yang lebih baik.

Banyak kalangan menganggap baha tindakan sperti itu tidak profesional, dan dianggap tindakan ini juga sangat tidak menghormati perusahaan yang mengajukan penawaran.

4. Mengambil Tindakan Tidak Profesional

Apakah kalian merasa aman karena kalian menandatangani tawaran pekerjaan dan kemudian memutuskan untuk menerimanya? Jika perusahaan mengetahuinya, ada kemungkinan tawaran pekerjaan yang ditawarkan akan segera dibatalkan.

Jadi bijaklah dalam melakukan apapun, baik di media sosial maupun di kehidupan nyata. Perusahaan tentunya tidak ingin terlibat dalam hal yang menodai reputasinya, bukan?

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

Tentu saja, yang paling utama cari tahu dulu mengapa tawaran pekerjaan itu tiba-tiba dibatalkan. kalian bisa meminta penjelasan atas keputusan ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebabnya bisa jadi karena kondisi internal perusahaan. Jadi jangan menyerah dan pupus harapan sehingga pada akhirnya menyalahkan diri sendiri. Jadi cari tahu terlebih dahulu sampai kalian tahu alasannya.

Setelah itu kalian juga dapat mencoba menegosiasikan posisi lain di dalam perusahaan. Siapa tahu perusahaan membuka peluang untuk posisi lain yang lebih cocok atau jenis pekerjaan lain, seperti paruh waktu dulu.

Mungkin peluang itu tidak terlalu besar. Namun, tidak ada salahnya bereksperimen dan mencari tahu opsi apa yang kalian miliki.

Jika kalian sudah mengetahui alasan yang benar kemudian kalian merasa kecil harapannya untuk diterima dalam bisnis ini, kalian bisa terus mencari pekerjaan di perusahaan lain. Dengan begitu kalian bisa tahu apa yang menjadi kekurangan pada diri kita sendiri.

Ini adalah berbagai alasan mengapa tawaran pekerjaan tiba-tiba dibatalkan, serta metode untuk menghadapi kenyataan tersebut. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat untuk kalian semua.

Baca juga: Inilah 5 Metode Menyikapi Tidakan Cyberbulliying di Tempat Kerja

Jika seandainya kalian masih ingin mendapatkan informasi seperti di artikel ini, kamu bisa membacanya blog Jobnas. Aga lebih praktis kalian juga bisa mendaftarkan diri kalian.

Cukup dengan sign up email, maka tips dan informasi penting lainnya akan dikirimkan secara langsung, ke inbox email kalian. Jika kalian tertarik buruan daftar sekarang juga!