7 Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Potensi Video Marketing, Bisnismu Akan Sukses!

Google News
Potensi Video Marketing
Potensi Video Marketing

Jobnas.com – Apakah kamu termasuk orang-orang yang sering menghabiskan waktu di YouTube? Jika iya,  kamu pasti menyadari bahwa semakin ke sini semakin banyak pula brand yang membuat video marketing. Sebab, pengguna youtube yang kian membludak menjadi target pmasaran yang cukup menjanjikan.

Biasanya, video marketing ditampilkan sebagai iklan yang ada sebelum, di pertengahan maupun akhir video yang di platform yang satu ini.

Berdasarkan data dari Smart Insight, 92% marketer setuju bahwa video marketing merupakan bagian yang berpotensi dalam strategi pemasaran.

Persentase ini bertumbuh begitu pesat dari 78% di tahun 2015 lalu. Fakta ini menunjukkan penggunaan video marketing memiliki potensi dan begitu signifikan dalam dunia pemasaran yang terus saja berkembang.

Jika ingin besaing, kamu perlu untuk segera memperlajari hal-hal yang penting untuk membuat video marketing yang seo. Langkah ini harus dilakukan agar brand-mu tidak ketinggalan di masa yang begitu canggih seperti saat ini.

Yuk, simak 7 tips jitu untuk meningkatkan potensi bisnismu dengan video marketing, yaitu:

1. Pastikan Videomu Bisa Menarik Penonton dalam 7 Detik

Tak bisa dipungkiri, konten yang menarik merupakan kunci utama dari video marketing.

Salah satu tips video marketing yang paling jitu adalah membuat thumbnail semenarik mungkin agar bisa menarik penonton untuk mengklik videonya.

Setelah itu, kamu harus pastikan videomu bisa menggugah penonton untuk terus menontonnya, minimal di tujuh detik pertama. Alangkah lebih baiknya lagi jika ini bisa dilakukan dalam 3 detik pertama.

Disarikan dari Social Media Examiner, 3-7 detik pertama merupakan titik di mana video mengalami drop-off rate yang paling tinggi.

Jadi, pastikan untuk memulai video marketing-mu yang bisa membuat penonton penasaran untuk menyaksikan, apalagi sampai tergugah untuk membelinya.

2. Sampaikan dengan Narasi yang Baik

Video marketing tujuannya adalah memperkenalkan perusahaan, brand, visi, misi, dan produk yang ingin ditawarkan.

Rangkumlah semua hal tersebut menjadi narasi dengan kalimat persuasif dan menarik agar lebih efektif meningkatkan engagement orang-orang yang menonton.

Yang perlu diceritakan dalam narasi tersebut adalah bagaimana perusahaan atau produkmu sangat cocok dan bermanfaat pada klien atau konsumen, nilai lebihnya dan lain sebagainya.

Selain itu, menempatkan diri sebagai penonton atau calon pelanggan sebelum membuat video ¬marketing sangat perlu untuk dilakukan untuk mengetahui informasi apa saja yang relevan bagi kehidupan mereka.

Jika perlu, kamu juga bisa menyertakan testimoni pelanggan dalam video marketingmu. Sebab, berdasarkan data dari Forbes, menurut Richard Flynn dari The Spur Group, menampilkan testimoni merupakan hal yang sangat penting bagi konsumen.

3. Lakukan Interaksi yang Komunikatif dengan Penonton

Tak cukup hanya dengan membuat satu video saja, kamu harus terus membuat konten untuk terus mendapatkan penonton dan meningkatkan penjualan.

Nah, hal selanjutnya yang penting adalah meningkatkan engagement dengan para penonton. Tujuannya adalah agar mereka tetap setia dengan konten-konten kita berikutnya.

Salah satu caranya adalah dengan cara membangun interaksi yang komunikatif dengan para penonton serta meminta mereka untuk memberikan saran dan masukan yang konstrukif.

4. Manfaatkan SEO untuk Optimasi

Sama dengan platform yang lain, YouTube pun masuk dalam indeks Google. Jadi video-video yang di-upload ke platform tersebut masuk ke database Google dan dapat ditampilkan sebagai hasil pencarian oleh pengguna.

Oleh karena itu, optimasi mesin pencarian atau yang lebih dikenal sebagai SEO (search engine optimization) menjadi sangat penting agar bisa membuat jangkauan video marketing lebih luas.

Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan beberapa keyword atau kata kunci di deskripsi video yang didapat dari google pencarian.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan link ke situs maupun landing page-mu dengan video marketing.

Dan jangan lupa, memanfaatkan fitur tagging di YouTube juga perlu untuk dilakukan.

Semua langkah di atas perlu diterapkan, tujuannya agar video marketing-mu memperoleh rekomendasi dari youtube dan memperoleh penonton lebih banyak.

Baca juga: 5 Rahasia Youtube Short Viral dan Trending

5. Share Ke Semua Media Sosial yang Kamu Punya

Tips yang kelima adalah setelah videomu di-upload, share link-nya ke semua media sosial yang kamu miliki, seperti Instagram, Facebook, Twitter, blog, dan lain-lain.

Sebab, membuat video marketing yang menarik dan sesuai dengan SEO saja pastinya tidak cukup, bukan?

Selain itu, hal ini pun bisa dilakukan dengan memasang iklan pada media sosial yang lain, khususnya di Tiktok dan Facebook sebagai platform utama lainnya yang biasanya digunakan untuk video marketing.

Cara ini bisa membuatmu mencapai target pelanggan yang lebih luas dan sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

6. Lakukan Evaluasi

Tips keenam yang bisa dibagikan dalam artikel kali ini adalah ketika semua usaha telah dilakukan dan videomu sudah mengudara, yang harus dilakukan selanjutnya yaitu mengevaluasi hasil dari video marketing mu.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif dengan menggunakan strategi ini. Dengan begitu, kamu bisa berbenah diri pada video berikutnya.

Evaluasi video marketing dapat dilakukan dengan menganalisis data analitik berdasarkan metrik-metrik tertentu seperti jumlah video ditonton, retansi video, jumlah tayangan video, dan lain sebagainya.

7. Sabar dan Konsisten

Yang namanya usaha pasti ada kendala dan cobaan, bukan? Mungkin video marketing-mu tak langsung sukses pada percobaan pertama. Tetaplah sabar dan jangan langsung menyerah. Kamu harus tetap konsisten.

Lakukan perbaikan kualitas dan coba cara-cara lain untuk membuat video marketing yang lebih bagus dan menarik.

Nah, itulah 7 tips penting yang bisa dilakukan untuk membuat video marketing mu sukses. Semoga bermanfaat!